top of page
  • Writer's pictureFrancisca Theo kovich

Temukan dunia mempesona dari Anish Kapoor dalam pameran "Untrue Unreal" di Palazzo Strozzi Italy

Dari tanggal 7 Oktober 2023 hingga 4 Februari 2024, Palazzo Strozzi memperlihatkan kejeniusan Anish Kapoor dalam pameran "Untrue Unreal" dengan seniman terkenal yang telah merevolusi konsep patung dalam seni kontemporer. Pameran ini dikurasi oleh Arturo Galansino, Direktur Umum dari Fondazione Palazzo Strozzi.


Salah satu sorotan dari pameran ini adalah sebuah karya yang baru saja dipesan oleh Kapoor, yang dirancang khusus untuk berharmoni dengan halaman Renaissance dari Palazzo. Ini, bersama dengan seleksi karyanya yang awal, pertengahan karier, dan terbaru, menawarkan para pengunjung sebuah perspektif holistik tentang narasi artistik Kapoor yang terus berkembang, yang ditandai dengan kontrasnya, perubahan, dan ketidakabadian.

Anish Kapoor

Lahir pada tahun 1954 di Mumbai, India, Anish Kapoor memulai perjalanan artistiknya di Hornsey College of Art dan Chelsea College of Art di London pada pertengahan tahun 1970-an. Sejak itu, dia telah dengan kokoh menetapkan basisnya di London, sementara juga menghabiskan banyak waktu di studionya di Venesia dalam beberapa tahun terakhir.


Dalam seni Anish Kapoor, "Untrue Unreal", ia mengubah atau meniadakan persepsi umum tentang kenyataan. Dia mengajak kita untuk menjelajahi dunia di mana batas antara apa yang benar dan palsu larut, membuka pintu ke ranah yang mustahil. Salah satu ciri khas adalah cara karya-karya Kapoor melebihi materialitasnya. Karya-karya Kapoor menggabungkan ruang kosong dan penuh, permukaan yang menyerap dan memantulkan, bentuk geometris dan biomorfik. Di dunia di mana kenyataan tampak semakin sulit dipahami dan dapat dimanipulasi, Anish Kapoor menantang kita untuk mencari kebenaran di luar penampilan, mengajak kita untuk menjelajahi wilayah yang tidak benar dan tidak nyata.

Anish Kapoor. Untrue Unreal exhibition
Anish Kapoor, Gathering Clouds (2014)

Anish Kapoor untreu unreal exhibition at Palazzo Strozzi
Anish Kapoor, To Reflect an Intimate Part of the Red (1981)

Anish Kapoor weaves 'untrue' and 'unreal' sculptural works into palazzo strozzi's architecture
Anish Kapoor sculpture into Palazzo Strozzi

Anish Kapoor exhibition at  Palazzo Strozzi
Anish Kapoor, Endless Column (1992)

Anish Kapoor exhibition at Palazzo Strozzi
Anish Kapoor, Newborn (2019)

Anish  Kapoor exhibition at Palazzo Strozzi
Anish Kapoor, Angel (1990)

Material—mulai dari pigmen hingga batu, baja, lilin, dan silikon—dibentuk dengan rumit, diukir, dipoles, diperkaya, dan disempurnakan, menantang batasan antara yang nyata dan abstrak. Warna berkembang menjadi pengalaman yang memukau, memiliki kedalamannya sendiri.


menurut gue, Anish Kapoor tidak pernah berhenti membuat gue terkagum dengan patungnya. Karyanya selalu begitu tak terlupakan. Setiap karya begitu mendalam kesannya.


Informasi Pameran:


Nama: Anish Kapoor. Untrue Unreal

Seniman: Anish Kapoor

Lokasi: Palazzo Strozzi | @palazzostrozzi di Florence, Italia

Tanggal: 7 Oktober 2023 – 4 Februari 2024

bottom of page